Gereja Makam Suci di Yerusalem - Tampilan 3D

Gereja Makam Suci di Yerusalem - Tampilan 3D


We are searching data for your request:

Forums and discussions:
Manuals and reference books:
Data from registers:
Wait the end of the search in all databases.
Upon completion, a link will appear to access the found materials.

Gambar 3D

Situs Gereja Makam Suci di Yerusalem diidentifikasi sebagai tempat penyaliban dan makam Yesus dari Nazaret. Gereja telah lama menjadi pusat ziarah utama bagi orang Kristen di seluruh dunia. Konsekrasi dan pembangunan gereja dimulai pada abad ke-4 Masehi.

Dukung KamiOrganisasi non profit

Situs kami adalah organisasi nirlaba. Hanya dengan $5 per bulan Anda dapat menjadi anggota dan mendukung misi kami untuk melibatkan orang-orang dengan warisan budaya dan untuk meningkatkan pendidikan sejarah di seluruh dunia.


Gereja Makam Suci telah menjadi salah satu tempat paling suci di Yerusalem sejak Kristus dieksekusi dan dimakamkan di situsnya. Aleteia baru-baru ini menerbitkan pembaruan tentang penelitian tentang ribuan salib diukir di dinding di dalam gedung.

Ini adalah fitur yang direplikasi oleh para biarawan Fransiskan, yang membuat menakjubkan model kayu gereja untuk peziarah. Perbedaan utama adalah bahwa mereka menciptakan tampilan banyak salib di luar model mereka. Menggunakan mutiara, mereka menghiasi bentuk-bentuk ini untuk menciptakan efek sakral dan memeriahkan tampilan eksterior. Pada kenyataannya bagian luar gereja adalah batu polos.

Tukang kayu ahli ini konsisten dalam menggunakan bentuk quatrefoil daripada campuran gaya silang yang ditemukan di dalamnya. Contoh abad ke-18 ini menarik perhatian pendiri British Museum, Sir John Soane, yang merupakan kolektor setia hampir semua hal. Rumahnya adalah museum umum yang ditinggalkan persis seperti semasa hidupnya. Sebagai arsitek paling terkenal pada zamannya, ia pasti menyukai cara atap model tersebut dapat dilepas untuk memeriksa interiornya.

Soane tampaknya tidak melakukan perjalanan lebih jauh ke timur daripada Italia, jadi dia tidak akan melihat barang-barang lain yang dibuat di Tanah Suci di bawah pengawasan Fransiskan. Tak perlu dikatakan, ada banyak suvenir lain yang tersedia untuk peziarah. Salib dada dari abad ke-19 ini menggunakan desain trefoil mutiara yang sama seperti pada model gereja. Akan jauh lebih mudah untuk dibawa, atau dipakai, dalam perjalanan pulang. Model kayu di British Museum memiliki lebar lebih dari 16 inci dan sangat berat.

Museum Salib virtual

Salib dada ini berasal dari koleksi Museum Salib, lembaga pertama yang didedikasikan untuk keragaman simbol yang paling kuat dan berjangkauan luas dalam sejarah. Setelah 10 tahun persiapan, museum hampir siap dibuka kemudian datang COVID-19. Sementara itu, museum virtual memulai akun Instagram untuk terlibat dengan pembaca Aleteia dan kisah-kisah salib mereka sendiri: @lintasXmuseum


Melihat Ke Dalam Makam Kristus

Orang-orang berbaris untuk mengunjungi Edicule yang telah direnovasi, kuil yang menampung apa yang diyakini sebagai makam Kristus.

Beberapa sampel mortar dari lokasi yang berbeda di dalam Edicule diambil pada waktu itu untuk penanggalan, dan hasilnya baru-baru ini diberikan kepada National Geographic oleh Kepala Pengawas Ilmiah Antonia Moropoulou, yang mengarahkan proyek restorasi Edicule.

Ketika perwakilan Konstantinus tiba di Yerusalem sekitar tahun 325 untuk menemukan makam, mereka diduga menunjuk ke sebuah kuil Romawi yang dibangun sekitar 200 tahun sebelumnya. Kuil Romawi dihancurkan dan penggalian di bawahnya mengungkapkan sebuah makam yang dipahat dari gua batu kapur. Bagian atas gua dicukur untuk memperlihatkan bagian dalam makam, dan Edicule dibangun di sekitarnya.

Sebuah fitur dari makam adalah rak panjang, atau "tempat tidur penguburan," yang menurut tradisi di mana tubuh Yesus Kristus dibaringkan setelah penyaliban. Rak dan ceruk seperti itu, yang dipahat dari gua batu kapur, adalah fitur umum di makam orang Yahudi Yerusalem abad ke-1 yang kaya.

Lapisan marmer yang menutupi "tempat tidur penguburan" diyakini telah dipasang paling lambat pada tahun 1555, dan kemungkinan besar sudah ada sejak pertengahan tahun 1300-an, menurut catatan peziarah.

Ketika makam itu dibuka pada malam 26 Oktober 2016, para ilmuwan terkejut dengan apa yang mereka temukan di bawah lapisan marmer: lempengan marmer yang lebih tua dan pecah yang diukir dengan salib, diletakkan tepat di atas permukaan batu kapur asli dari "tempat tidur kuburan. "

Beberapa peneliti berspekulasi bahwa lempengan yang lebih tua ini mungkin telah diletakkan pada periode Tentara Salib, sementara yang lain menawarkan tanggal yang lebih awal, menunjukkan bahwa itu mungkin sudah ada dan rusak ketika gereja dihancurkan pada 1009. Namun, tidak ada yang siap. untuk mengklaim bahwa ini mungkin bukti fisik pertama untuk kuil Romawi paling awal di situs tersebut.

Apakah Ini Benar-benar Makam Kristus?

Hasil tes baru, yang mengungkapkan lempengan bawah kemungkinan besar dipasang pada pertengahan abad keempat di bawah perintah Kaisar Konstantin, menjadi kejutan bagi mereka yang mempelajari sejarah monumen suci.

"Jelas tanggal itu tepat untuk apa pun yang dilakukan Konstantinus," kata arkeolog Martin Biddle, yang menerbitkan sebuah studi mani tentang sejarah makam pada tahun 1999. "Itu sangat luar biasa."

Selama restorasi Edicule selama setahun, para ilmuwan juga dapat menentukan bahwa sejumlah besar gua pemakaman tetap tertutup di dalam dinding kuil. Sampel mortar yang diambil dari sisa-sisa dinding selatan gua bertanggal 335 dan 1570, yang memberikan bukti tambahan untuk pekerjaan konstruksi dari periode Romawi, serta restorasi abad ke-16 yang terdokumentasi. Mortar yang diambil dari pintu masuk makam berasal dari abad ke-11 dan konsisten dengan rekonstruksi Edicule setelah kehancurannya pada tahun 1009.

"Sangat menarik bagaimana mortir [ini] tidak hanya memberikan bukti untuk kuil paling awal di situs tersebut, tetapi juga mengkonfirmasi urutan konstruksi sejarah Edicule," Moropoulou mengamati.

Sampel mortar secara independen diberi tanggal di dua laboratorium terpisah menggunakan optically stimulating luminescence (OSL), sebuah teknik yang menentukan kapan sedimen kuarsa paling baru terkena cahaya. Hasil ilmiah akan diterbitkan oleh Moropoulou dan timnya dalam edisi mendatang dari Jurnal Ilmu Arkeologi: Laporan.


Pencitraan 3D menyoroti 'grafiti' Makam Suci

Ribuan salib unik yang terukir di dinding gereja paling suci agama Kristen telah lama membingungkan para peneliti.

Tetapi pencitraan tiga dimensi telah menjelaskan tanda-tanda misterius, yang dilakukan selama renovasi di Gereja Makam Suci Yerusalem.

Apa yang selalu dianggap sebagai grafiti tampaknya menjadi sesuatu yang "lebih terorganisir" menurut Amit Re'em - arkeolog regional Yerusalem di Israel's Antiquities Authority.

"Apa yang kami lihat dengan mesin optik yang kami petakan salib di dalamnya dan kami melihat bahwa semuanya memiliki kedalaman yang sama dan bahkan tanda tukang batu. Jadi jika Anda melihat ribuan salib ini, saya dapat mengatakan dengan sangat hati-hati. karena kami baru memulai penelitian bahwa mungkin dua atau tiga seniman tangan membuat salib ini. Ini bukan peziarah. Hanya seniman tiga tangan. Jadi ini bukan grafiti, itu sesuatu yang lebih terorganisir dari gereja."

Teori baru adalah bahwa tukang batu abad pertengahan mungkin telah dibayar oleh para peziarah yang mengunjungi situs untuk mengukir di dinding ...

dihormati dalam tradisi Kristen sebagai tempat penyaliban dan penguburan Yesus.

"Katakanlah bahwa Anda adalah seorang peziarah Armenia yang mengunjungi kapel Helena, di Makam Suci, sehingga Anda membayar sesuatu kepada imam, Anda membayar sesuatu untuk seniman khusus ini dan dia mengukir untuk Anda, untuk kepentingan jiwa Anda dan Anda. jiwa kerabat, dia mengukir untukmu salib khusus di tempat paling suci bagi agama Kristen di bumi dan hanya itu. Ini, dari sudut pandang kami, penjelasan dari fenomena unik ini."

Kapel biasanya ramai dengan jamaah dan pendeta, sehingga biasanya sulit untuk mempelajari tanda-tanda - yang sementara berasal dari abad ke-15.

Tetapi untuk sebagian besar tahun lalu telah sepi pengunjung, memberi para arkeolog kesempatan unik untuk penelitian.

Pastor Samuel Aghoyan adalah pemimpin gereja Armenia.

Sementara dia memuji penelitian yang menyoroti para peziarah di masa lalu, dia menantikan untuk menyambut orang-orang sezaman mereka kembali.

“Sekarang tidak ada peziarah di sini, masih semangat mereka ada di sini, kita tahu, saya percaya itu. Tapi ketidakhadiran mereka adalah sesuatu yang lain yang tidak dapat digantikan oleh apa pun. Kita membutuhkan kehadiran mereka, saya berdoa kepada Tuhan agar kesulitan yang kita alami.


Gereja Makam Suci

Gereja Makam Suci adalah sebuah gereja di Kawasan Kristen Kota Tua Yerusalem, beberapa langkah dari Muristan. Gereja tersebut, menurut tradisi yang berasal dari setidaknya abad keempat, berisi dua situs tersuci dalam agama Kristen: situs di mana Yesus dari Nazaret disalibkan, di tempat yang dikenal sebagai &aposKalvari&apos atau &aposGolgota&apos, dan makam Yesus&aposs kosong, di mana dia dikatakan untuk dikuburkan dan dibangkitkan. Makam itu dikelilingi oleh kuil abad ke-18, yang disebut Aedicule. NS Status Qu, pemahaman berusia 250 tahun antara komunitas agama, berlaku untuk situs tersebut.

Di dalam gereja yang tepat adalah empat Stasiun terakhir Via Dolorosa, yang mewakili episode terakhir dari Sengsara Yesus. Gereja telah menjadi tujuan utama ziarah Kristen sejak didirikan pada abad keempat, sebagai situs tradisional Kebangkitan Kristus, dengan demikian nama Yunani aslinya, Gereja Anastasis.

Hari ini, kompleks yang lebih luas yang terakumulasi selama berabad-abad di sekitar Gereja Makam Suci juga berfungsi sebagai markas besar Patriark Ortodoks Yunani di Yerusalem, sementara kontrol gereja itu sendiri dibagi antara beberapa denominasi Kristen dan entitas sekuler dalam pengaturan rumit yang pada dasarnya tidak berubah untuk lebih dari 160 tahun, dan beberapa lebih lama lagi.

Terlepas dari mutilasi selama berabad-abad, Makam Suci tetap merupakan kompleks struktur yang menarik dan merupakan kunci penting untuk beberapa fase sejarah arsitektur abad pertengahan, tiruan yang dibangun di seluruh Eropa. Saat ini, Gereja Makam Suci adalah salah satu landmark utama Yerusalem dan terus menarik banyak peziarah dan pengunjung.

Sejarah

Komunitas Kristen awal Yerusalem tampaknya telah mengadakan perayaan liturgi di makam Kristus sejak kebangkitan sampai kota itu direbut oleh orang Romawi pada tahun 66 M. Situs itu tetap terkubur di bawah kuil pagan sampai Kaisar Konstantinus Agung masuk Kristen pada tahun 312 M. Dia segera menunjukkan minat pada tempat-tempat suci yang terkait dengan iman barunya, dan menugaskan banyak gereja untuk dibangun di seluruh Tanah Suci. Yang paling penting, Gereja Makam Suci, dimulai pada 326 M. Gereja Konstantinus jauh lebih besar daripada yang berdiri hari ini, tetapi memiliki tata letak yang lebih sederhana. Itu terdiri dari atrium, basilika tertutup, halaman terbuka dengan batu Golgota di sudut tenggara, dan makam Kristus, diabadikan dalam sebuah bangunan kecil melingkar.

Pada tahun 614, tentara Persia menghancurkan gereja dan Salib Sejati diambil alih, tetapi pada tahun 631 kaisar Bizantium Heraclius menegosiasikan pengembaliannya. Pada 638, orang-orang Kristen dipaksa untuk menyerahkan Yerusalem ke kendali Muslim di bawah khalifah Umar. Gereja terus berfungsi sebagai gereja Kristen di bawah perlindungan Umar dan penguasa Muslim awal, tetapi ini berubah pada 1009, ketika khalifah &aposmad&apos Fatimiyah Hakim secara brutal dan sistematis menghancurkan gereja besar itu. Kaisar Bizantium Constantine IX Monomachus (1042–1055) mendanai pembangunannya kembali, tetapi dengan rencana yang berbeda, dengan pintu masuk di sisi selatan.

Penaklukan tempat-tempat suci, yang terpenting adalah Makam Suci, merupakan motivasi penting bagi Perang Salib Pertama antara 1096 dan 1099. Selama setengah abad berikutnya, gereja Konstantinus IX Monomachus sebagian besar dibangun kembali. Gereja baru ditahbiskan kembali pada tahun 1149 dan inilah gereja yang pada dasarnya kita lihat hari ini.

Beberapa fitur gereja abad pertengahan tidak lagi terlihat — misalnya, makam penguasa pertama, Godfrey of Bouillon dan Baldwin I, yang disingkirkan pada awal abad ke-19 ketika orang-orang Yunani melakukan pekerjaan restorasi. Semua raja Yerusalem hingga tahun 1187 (kecuali Ratu Melisende) dimakamkan di Kapel Kalvari.

Seperti yang diungkapkan peta abad ke-12, Makam Suci di Yerusalem adalah fokus spiritual Susunan Kristen dan pusat ziarah terpentingnya. Gereja ditata untuk memungkinkan para peziarah berpindah dari kapel ke kapel, kunjungan mereka mencapai puncaknya di Makam Suci itu sendiri.


Foto, Cetak, Menggambar Pemandangan jalan dengan Gereja Makam Suci, Yerusalem / Frith.

Untuk panduan tentang kompilasi kutipan lengkap, lihat Mengutip Sumber Primer.

  • Penasihat Hak: Tidak ada batasan publikasi yang diketahui.
  • Nomor Reproduksi: LC-USZC4-8598 (transparansi salinan film berwarna)
  • Nomor Panggilan: Ilusi. di DS108.5 .F7 (Kasus Y) [P&P]
  • Akses Penasihat: ---

Mendapatkan Salinan

Jika gambar ditampilkan, Anda dapat mengunduhnya sendiri. (Beberapa gambar hanya ditampilkan sebagai thumbnail di luar Library of Congress karena pertimbangan hak, tetapi Anda memiliki akses ke gambar berukuran lebih besar di situs.)

Atau, Anda dapat membeli salinan dari berbagai jenis melalui Layanan Duplikasi Perpustakaan Kongres.

  1. Jika gambar digital ditampilkan: Kualitas gambar digital sebagian tergantung pada apakah itu dibuat dari aslinya atau perantara seperti salinan negatif atau transparansi. Jika bidang Nomor Reproduksi di atas menyertakan nomor reproduksi yang dimulai dengan LC-DIG. kemudian ada gambar digital yang dibuat langsung dari aslinya dan memiliki resolusi yang cukup untuk sebagian besar tujuan publikasi.
  2. Jika ada informasi yang tertera pada kolom Nomor Reproduksi di atas: Anda dapat menggunakan nomor reproduksi untuk membeli salinan dari Layanan Duplikasi. Itu akan dibuat dari sumber yang tercantum dalam tanda kurung setelah nomor.

Jika hanya sumber hitam-putih ("b&w") yang dicantumkan dan Anda menginginkan salinan yang menunjukkan warna atau rona (dengan asumsi aslinya ada), Anda biasanya dapat membeli salinan berkualitas dari sumber asli berwarna dengan mengutip Nomor Panggilan yang tercantum di atas dan termasuk catatan katalog ("Tentang Item Ini") dengan permintaan Anda.

Daftar harga, informasi kontak, dan formulir pemesanan tersedia di situs Web Layanan Duplikasi.

Akses ke Dokumen Asli

Silakan gunakan langkah-langkah berikut untuk menentukan apakah Anda perlu mengisi slip panggilan di Ruang Baca Cetakan dan Foto untuk melihat barang asli. Dalam beberapa kasus, pengganti (gambar pengganti) tersedia, seringkali dalam bentuk gambar digital, salinan cetak, atau mikrofilm.

Apakah barang sudah didigitalkan? (Gambar mini (kecil) akan terlihat di sebelah kiri.)

  • Ya, item tersebut didigitalkan. Silakan gunakan gambar digital dalam preferensi untuk meminta yang asli. Semua gambar dapat dilihat dalam ukuran besar saat Anda berada di ruang baca manapun di Library of Congress. Dalam beberapa kasus, hanya gambar mini (kecil) yang tersedia saat Anda berada di luar Perpustakaan Kongres karena item tersebut dibatasi haknya atau belum dievaluasi untuk pembatasan haknya.
    Sebagai tindakan pengawetan, kami biasanya tidak menyajikan barang asli saat gambar digital tersedia. Jika Anda memiliki alasan kuat untuk melihat aslinya, konsultasikan dengan pustakawan referensi. (Kadang-kadang, yang asli terlalu rapuh untuk disajikan. Misalnya, negatif fotografi kaca dan film sangat mudah rusak. Mereka juga lebih mudah dilihat secara online di mana mereka disajikan sebagai gambar positif.)
  • Tidak, item tersebut tidak didigitalkan. Silakan pergi ke #2.

Apakah bidang Access Advisory atau Call Number di atas menunjukkan bahwa ada pengganti non-digital, seperti mikrofilm atau salinan cetakan?

  • Ya, pengganti lain ada. Staf referensi dapat mengarahkan Anda ke pengganti ini.
  • Tidak, pengganti lain tidak ada. Silakan pergi ke #3.

Untuk menghubungi staf Referensi di Ruang Baca Cetakan dan Foto, silakan gunakan layanan Tanya Pustakawan kami atau hubungi ruang baca antara 8:30 dan 5:00 di 202-707-6394, dan Tekan 3.


Tur Virtual Interaktif 3D Makam Suci - Yesus Kristus di Yerusalem

Ikuti tur virtual 3D Gereja Makam Suci di Yerusalem yang belum pernah dilihat sebelumnya! Ikuti tur berpemandu atau navigasikan diri Anda dan jelajahi situs tersuci dalam agama Katolik dan Ortodoks.

Detail Aplikasi

Tangkapan Layar Aplikasi

Deskripsi Toko Aplikasi

Ikuti tur virtual 3D Gereja Makam Suci di Yerusalem yang belum pernah dilihat sebelumnya! Ikuti tur berpemandu atau navigasikan diri Anda dan jelajahi situs tersuci dalam agama Katolik dan Ortodoks.

**Untuk performa terbaik gunakan iPad generasi 2 dan lebih tinggi.

Kunjungi situs penyaliban, penguburan & kebangkitan Yesus dari rumah!

Jelajahi & pelajari tentang kisah hari-hari terakhir Yesus, sejarah Gereja dan Yerusalem dan banyak kamar, objek, dan cerita dari situs suci ini seperti:

• Kalvari 'Golgota' – Tempat Yesus disalibkan.
•Edicule – Makam Yesus Kristus
•The Rotunda - Di mana Yesus telah dibangkitkan.

Berjalan-jalanlah dengan bebas, pelajari dan alami situs suci ini dekat dengan hati jutaan orang Kristen di seluruh dunia.

Tentang Gereja Makam Suci

Gereja Makam Suci - situs penyaliban, penguburan & kebangkitan Yesus adalah Gereja tersuci dalam Katolik dan Kristen Ortodoks Timur dan dengan demikian merupakan salah satu tujuan ziarah Kristen terpenting di dunia.

Tur Virtual 3D Jerusalem.com

Meningkat di atas politik, konflik dan batas-batas geografis, Jerusalem.com adalah pengalaman belajar yang benar-benar spiritual untuk seluruh keluarga tidak seperti apa pun yang terlihat sebelumnya. Tur 3D kami memadukan keyakinan dengan teknologi 3D mutakhir yang memungkinkan untuk menghadirkan situs kepada Anda!

Melalui Tur 3D kami, Anda dapat menjelajahi dan melihat lebih dari yang tersedia di dunia nyata dan mengunjungi salah satu situs paling unik di dunia. Siapa pun diundang untuk membaca, belajar, dan berjalan dengan bebas di dalam Gereja Makam Suci!


Gereja Makam Suci di Yerusalem - Tampilan 3D - Sejarah

Church of the Holy Sepulcher hari ini menetapkan lebih dari dua situs:

Kedua situs ini berada di taman yang sama di luar tembok Yerusalem pada tahun 30 M, dan sekarang berada di bawah satu atap.
John menulis bahwa mereka dekat satu sama lain:

Di tempat di mana Yesus disalibkan, ada sebuah taman, dan di taman itu ada kuburan baru, di mana
tidak ada yang pernah dibaringkan. Karena itu adalah hari Persiapan Yahudi dan karena makam itu
di dekatnya, mereka membaringkan Yesus di sana. - Yohanes 19:41-42

Gambar di sebelah kiri menunjukkan tambang yang ditinggalkan itu
ditutupi dengan tanah coklat kemerahan pada 100&rsquos SM
untuk membuat taman. Daerah juga mendukung
tanaman sereal dan kebun buah ara, carob, dan zaitun
pohon.

Gambar di bawah ini menunjukkan lokasi tambang (kalvari dan makam) yang terletak tepat
di luar tembok kota di sebelah barat. Ini adalah bagaimana tambang/taman yang ditinggalkan dengan kuburan
akan terlihat di 30 AD. Perhatikan letak tembok barat laut kota di sebelah kanan.

Area tempat Gereja berdiri saat ini adalah tambang batu kapur besar pada 600-700 SM. Kota Yerusalem berada di sebelah tenggara dan diperluas terlebih dahulu ke barat sebelumnya
itu datang ke utara menuju tambang. Di daerah timur Kapel St. Helena di Gereja Makam Suci, tambang itu memiliki kedalaman lebih dari 40 kaki.

Pada tahun 30 M, ini adalah tempat yang tepat untuk memotong kuburan baru karena batuan dasar dibiarkan terbuka di sekitar tambang, karena baru belakangan ini tersedia sehingga masih
memiliki banyak ruang yang tersedia, dan karena dekat dengan kota namun masih di luar tembok. Yerusalem dulu, dan masih, dikelilingi oleh kuburan yang digunakan untuk a
seribu tahun menjelang 30 Masehi. Taman baru ini memang merupakan kesempatan besar bagi Joseph untuk dapat memotong kuburan yang begitu dekat dengan kota:

Sekarang ada seorang pria bernama Joseph, seorang anggota Dewan, seorang pria yang baik dan jujur, yang tidak menyetujui keputusan dan tindakan mereka. Ia datang
dari kota Arimatea di Yudea dan dia sedang menunggu kerajaan Allah. Pergi ke Pilatus, dia meminta tubuh Yesus. Kemudian dia menurunkannya,
membungkusnya dengan kain lenan dan meletakkannya di dalam sebuah kubur yang dipotong di dalam batu, yang di dalamnya belum ada seorang pun yang dibaringkan. - Lukas 23:50-53

Empat makam dari periode ini telah digali.

  1. Salah satu makam adalah kokh, ceruk panjang dan sempit yang diukir untuk penempatan tubuh. Tulang-tulang itu dibiarkan di kokh selama beberapa waktu, kemudian dikumpulkan dan ditempatkan di sebuah osuarium. Karena metode penanganan mayat seperti ini, makam jarang menjadi makam &ldquobaru&rdquo, karena digunakan berulang kali oleh keluarga atau sekelompok orang.
  2. Makam lain yang ditemukan di daerah ini adalah arcosoliuim, atau peti mati batu yang dipahat di sisi dinding dengan bagian atas berbentuk lengkungan. Makam ini telah terkelupas oleh para peziarah selama berabad-abad.
  3. Yang ketiga adalah makam besar yang, seperti kokh yang disebutkan di atas, ditemukan di depan gereja di halaman masuk. Constantine memotong makam ini lebih besar untuk digunakan sebagai tangki.
  4. Akhirnya, makam kokh lain ditemukan di bawah biara Koptik. Jelas dan tidak dapat disangkal bahwa Gereja Makam Suci berdiri di situs a
    kuburan sejak zaman Yesus pada abad pertama.

Orang-orang Yahudi menguburkan orang mati mereka di luar tembok kota. Yesus sendiri disalibkan di luar tembok kota:

Maka Yesus juga menderita di luar gerbang kota untuk menguduskan orang-orang melalui darah-Nya sendiri. Kalau begitu, mari kita pergi menemuinya di luar perkemahan, membawa
aib yang ditanggungnya. -Ibrani 13:12, 13

Tidak hanya itu, Yesus juga dikuburkan di luar kota di sebuah taman:

Di tempat Yesus disalibkan, ada sebuah taman, dan di taman itu ada kuburan baru, yang belum pernah dibaringkan siapa pun. -Yohanes 19:41

Pada tahun 135, setelah pemberontakan Yahudi kedua (132-135), Hadrian membangun kembali Yerusalem sebagai kota Romawi, Aelia Capitolina. Dia juga mengganti nama Yudea &ldquoPalaetina&rdquo (itu
adalah, Palestina), setelah musuh kuno orang Yahudi, orang Filistin, yang tidak lagi menjadi bangsa setelah invasi Babilonia sekitar tahun 586 SM. Hadrian dibangun
platform besar yang ditinggikan (dinding penahan persegi panjang yang diisi dengan tanah) di lokasi tambang kuno ini ditutupi dengan taman dan makam dalam upaya untuk mengubur
Kalvari dan makam Yesus, situs terhormat orang Kristen.


Setelah Kaisar Romawi Hadrian memadamkan Pemberontakan Yahudi Kedua pada tahun 135 M, ia menodai Bukit Bait Suci dengan kuil-kuil kafir dan patung dirinya. Dia juga membangun sebuah platform dengan kuil-kuil kafir di atas Kalvari dan makam Tuhan dan Juru Selamat Kristen, Yesus. Hal ini membuat Bukit Bait Suci Yahudi dan kedua situs Kristen tidak dapat diakses oleh para penyembah, namun pada saat yang sama, itu mempertahankan pengetahuan tentang lokasi mereka sehingga Konstantinus dapat membangun Gereja Makam Suci di sini.

Platform diperlukan untuk meratakan permukaan batu yang dipotong oleh tambang dan makam. Hadrian membangun dinding penahan platform ini dengan ashlar Herodian (kemungkinan besar dari Bukit Bait Suci Yahudi). Batu-batu ini berukuran identik dan menghadap ke ashlar Herodes di dinding penahan Temple Mount, yang membuat tembok Hadrian terlihat seperti Tembok Barat Herodes. Hadrian kemudian membangun sebuah kuil untuk Venus di atas platform ini. Eusebius menulis tentang kuil pagan ini dalam karyanya yang berjudul, The Life of Constantine, yang ditulis sekitar tahun 339 M:

Karena di masa lalu, upaya orang-orang yang tidak saleh (atau lebih tepatnya izinkan saya mengatakan tentang seluruh ras roh jahat melalui cara mereka), untuk menyerahkan
ke kegelapan terlupakan monumen keabadian ilahi yang menjadi tujuan malaikat bercahaya turun dari surga, dan menggulingkan
batu untuk mereka yang masih keras hati, dan siapa yang mengira bahwa Yang hidup masih terbaring di antara orang mati dan telah menyatakan kabar gembira kepada para wanita
juga, dan menyingkirkan ketidakpercayaan hati mereka yang keras dengan keyakinan bahwa dia yang mereka cari masih hidup. Gua suci ini, kemudian, tidak saleh dan
orang-orang tak bertuhan telah berpikir untuk menghilangkan sepenuhnya dari mata manusia, mengira dalam kebodohan mereka bahwa dengan demikian mereka harus dapat secara efektif mengaburkan
kebenaran. Oleh karena itu mereka membawa sejumlah tanah dari jarak jauh dengan banyak tenaga, dan menutupi seluruh tempat itu, setelah menaikkan ini menjadi moderat
tinggi, mereka melapisinya dengan batu, menyembunyikan gua suci di bawah gundukan besar ini. Kemudian, seolah-olah tujuan mereka telah tercapai secara efektif,
mereka mempersiapkan di atas fondasi ini kuburan jiwa yang benar-benar mengerikan, dengan membangun kuil suram berhala tak bernyawa bagi roh tidak murni yang mereka
panggil Venus, dan mempersembahkan persembahan yang menjijikkan di dalamnya di atas altar yang profan dan terkutuk. Karena mereka mengira bahwa objek mereka tidak mungkin—
sepenuhnya tercapai, daripada dengan mengubur gua suci di bawah polusi busuk ini. Pria yang tidak bahagia! mereka tidak dapat memahami betapa mustahilnya itu
bahwa upaya mereka harus tetap tidak diketahui oleh dia yang telah dimahkotai dengan kemenangan atas kematian, lebih dari matahari yang terik, ketika dia naik di atas
bumi, dan mempertahankan jalannya yang biasa melalui tengah-tengah surga, tidak terlihat oleh seluruh ras umat manusia. Memang, kekuatannya yang menyelamatkan, bersinar dengan diam
kecerahan yang lebih besar, dan penerangan, bukan tubuh, tetapi jiwa manusia, telah memenuhi dunia dengan pancaran cahayanya sendiri.

Pada tahun 325 di Konsili Nicea, Macarius, uskup Yerusalem dari tahun 314 hingga 333, mengajukan petisi kepada Konstantinus untuk menghancurkan kuil Hadrianus dan mengungkap makam
Kristus. Pada tahun 326 M Helena, ibu Konstantinus, mengunjungi Yerusalem dan diberitahu bahwa situs kuil Hadrian adalah tempat pemakaman dan kebangkitan Yesus. Konstantinus
kemudian memerintahkan sebuah rotunda untuk dibangun di sekitar makam Yesus yang duduk di depan Kalvari, dan di sisi lain Kalvari, Konstantin membangun sebuah gereja basilika yang panjang.
Eusebius melanjutkan untuk mencatat bagaimana Konstantinus memerintahkan penghancuran kuil pagan Hadrianus dan pemindahan bahan dan tanah yang digunakan untuk menutupi
makam Yesus:

Dia (Konstantinus) tidak dapat menyetujui untuk melihat tempat suci yang telah kita bicarakan, dengan demikian terkubur, melalui perangkat musuh, di bawah setiap
jenis kenajisan, dan ditinggalkan untuk kelupaan dan pengabaian juga tidak akan menyerah pada kebencian dari mereka yang telah melakukan kesalahan ini, tetapi menyerukan
bantuan ilahi, memberi perintah bahwa tempat itu harus dimurnikan secara menyeluruh. Segera, saat perintahnya dikeluarkan, mesin penipuan ini dilemparkan
turun dari kebanggaan mereka ke tanah, dan tempat tinggal kesalahan, dengan patung-patung dan roh-roh jahat yang mereka wakili, adalah
digulingkan dan dihancurkan sama sekali. . . . Semangat kaisar juga tidak berhenti di sini tetapi dia memberi perintah lebih lanjut bahwa bahan-bahan dari apa yang dihancurkan,
baik batu maupun kayu, harus disingkirkan dan dilempar sejauh mungkin dari tempatnya dan perintah ini juga dilaksanakan dengan cepat. Kaisar,
namun, tidak puas dengan berjalan sejauh ini: sekali lagi, dengan semangat suci, dia memerintahkan agar tanah itu sendiri digali sampai
kedalaman yang cukup dalam, dan tanah yang telah tercemar oleh kotoran busuk dari pemujaan setan dipindahkan ke tempat yang jauh.
(Kehidupan Konstantinus, buku III, bab XXVI dan XXVII)

Seperti disebutkan sebelumnya, batu-batu yang dikeluarkan Konstantinus dari kuil pagan yang dihancurkan mungkin adalah ashlar Herodian dari Bukit Bait Suci. Tetap
hari ini ada batu ashlar Herodian di kedalaman fondasi Gereja Makam Suci. Ketika semua batu, puing-puing, dan tanah dikeluarkan dari
Kuil Hadrian, tambang batu asli dan makam Kristus menjadi terlihat. Eusebius, sejarawan gereja dan penulis biografi Konstantinus terus menulis
sekitar tahun 329 M:

Segera setelah permukaan asli tanah, di bawah penutup bumi, muncul, segera, dan bertentangan dengan semua harapan, Yang Mulia
dan monumen suci kebangkitan Juruselamat kita ditemukan. Maka memang gua paling suci ini menghadirkan perumpamaan yang setia tentang kepulangannya
hidup, dalam hal itu, setelah terkubur dalam kegelapan, ia kembali muncul ke cahaya, dan memberikan kepada semua orang yang datang untuk menyaksikan pemandangan itu, bukti yang jelas dan terlihat dari
keajaiban di mana tempat itu pernah menjadi pemandangan, sebuah kesaksian tentang kebangkitan Juruselamat lebih jelas daripada yang bisa diberikan oleh suara mana pun.
(Kehidupan Konstantinus, Buku III, Bab XXVIII)

Konstantinus kemudian memberi perintah kepada gubernur provinsi-provinsi Timur untuk membangun rumah doa. Eusebius mencatat urutannya dengan cara ini:

Kaisar mengirimkan perintah yang menghembuskan semangat yang benar-benar saleh, pada saat yang sama memberikan banyak persediaan uang, dan memerintahkan
bahwa sebuah rumah yang layak untuk didoakan untuk penyembahan Tuhan harus didirikan di dekat makam Juruselamat dalam skala keagungan yang kaya dan kerajaan.
(Kehidupan Konstantin, Buku III, Bab XXIX)

Eusebius bahkan mencatat surat yang dikirimkan Konstantinus kepada Makarius, uskup yang memimpin gereja di Yerusalem pada waktu itu. Dalam surat Konstantinus
menjelaskan rencananya untuk pembangunan baru dan meminta saran Macarius mengenai langit-langit gereja:

Oleh karena itu, akan baik bagi kebijaksanaan Anda untuk membuat pengaturan dan penyediaan semua hal yang diperlukan untuk pekerjaan itu, sehingga tidak hanya gereja itu sendiri
secara keseluruhan dapat melampaui semua yang lain dalam keindahan, tetapi detail bangunan mungkin sedemikian rupa sehingga struktur paling indah di kota mana pun
kekaisaran mungkin unggul dengan ini. . . dan untuk kolom dan kelereng, apa pun yang Anda akan menilai, setelah pemeriksaan sebenarnya dari rencana, untuk menjadi
sangat berharga dan berguna, rajinlah mengirimkan informasi kepada kami secara tertulis, agar berapa pun jumlah atau jenis bahan yang kami miliki
penghargaan dari surat Anda untuk menjadi kebutuhan, dapat diperoleh dari setiap kuartal, seperti yang diperlukan, untuk itu pantas tempat yang paling menakjubkan di dunia
harus didekorasi dengan layak. Sehubungan dengan langit-langit gereja, saya ingin tahu dari Anda apakah menurut penilaian Anda itu harus panel-langit-langit,
atau selesai dengan jenis pengerjaan lainnya. Jika langit-langit panel diadopsi, itu juga dapat dihias dengan emas. (Kehidupan Konstantinus,
Buku III, Bab XXX dan XXX1)

Ini adalah denah Gereja Makam Suci Konstantin yang megah dan mewah. Itu terdiri dari Basilika, halaman bertiang di sekitar Kalvari,
dan rotunda bertiang besar di sekitar makam Yesus.

Sangat menarik untuk dicatat pemahaman Eusebius tentang nilai eskatologis dari peristiwa-peristiwa ini, dan perlu dicatat bahwa pandangan Eusebius mencerminkan sikap Konstantinus dan orang-orang Kristen pada masa itu. Penafsiran Eusebius atas kitab suci dan pemahamannya tentang peristiwa eskatologis membuat dia dan Konstantinus menganggap proyek pembangunan ini sebagai bagian dari Yerusalem Baru, dan Konstantinus memerintah sebagai kemunculan kembali Kristus di bumi untuk memerintah melalui gerejanya. Ini adalah salah satu dari beberapa penyimpangan penafsiran eskatologis yang akan terjadi sepanjang sejarah gereja. Eusebius menulis:

Oleh karena itu, tepat di tempat yang menyaksikan penderitaan Juruselamat, sebuah Yerusalem baru dibangun, di atas Yerusalem yang begitu dirayakan.
lama, yang, karena noda kesalahan yang ditimbulkan oleh pembunuhan Tuhan, telah mengalami kehancuran terakhir, efek dari Tuhan.
penghakiman atas orang-orang fasiknya. Di seberang kota inilah kaisar sekarang mulai membangun monumen kemenangan Juruselamat atas kematian, dengan
kemegahan yang kaya dan mewah. Dan mungkin ini adalah Yerusalem kedua dan baru yang dibicarakan dalam ramalan para nabi, tentang
yang mana kesaksian yang begitu melimpah diberikan dalam catatan-catatan yang diilhami secara ilahi. (Kehidupan Konstantin, Buku III, Bab XXXIII)

Tentu saja, penghancuran semua gereja Kristen termasuk Gereja Makam Suci yang asli oleh gerombolan Persia pada tahun 638, dan penghancuran total gereja
Gereja Makam Suci yang dibangun kembali oleh Khalifah Muslim Mesir al-Hakim pada tahun 1009, keduanya memberikan bukti yang jelas bahwa Yerusalem Baru belum datang.
Ketika tentara salib tiba di 1099 mereka membangun kembali gereja yang hancur dengan bagian-bagian kuil Hadrianus yang dapat dilihat di delapan lokasi berbeda di gereja hari ini.
Tentara salib juga menggunakan sisa-sisa rotunda dan basilika Konstantinus yang megah, termasuk pilar marmer yang mereka perkecil menjadi setengah ukuran aslinya. Godfrey dari
Bouillon menjadi raja Tentara Salib pertama di Yerusalem pada tanggal 15 Juli 1099 dan menyebut dirinya &ldquoPembela Makam Suci.&rdquo Gereja Tentara Salib adalah
diselesaikan lima puluh tahun kemudian pada tahun 1149.

Penggalian baru-baru ini telah mengungkapkan abu Herodian di sisa-sisa tembok pondasi Hadrianus di tingkat terendah Gereja Makam Suci. NS
kehadiran batu-batu ini membantu memastikan bahwa ini adalah situs pemakaman Yesus yang sebenarnya. Bukti lebih lanjut datang dari waktu bahkan sebelum Konstantinus membangun gerejanya pada tahun 326.
Ketika ibu Konstantinus mengunjungi Yerusalem dia diberitahu bahwa tempat yang tepat ini adalah lokasi Kalvari dan makam Kristus. Fakta bahwa pada 326 area ini ada di dalam
kota Yerusalem yang sibuk adalah bukti kuat bahwa mereka benar.

Berdasarkan kesaksian kitab suci dan pengetahuan kita tentang praktik Yahudi kuno, dapat dipastikan bahwa Yesus dikuburkan di luar tembok kota. Tapi situs ini ada di dalam
kota. Seandainya mereka tidak benar-benar tahu dan hanya menebak, mereka akan memilih tempat yang lebih logis. For example, the Garden Tomb, also known as Gordon&rsquos
Calvary, would have been a much better guess. Even today it looks like a better location for Jesus&rsquo death, burial and resurrection. The fact that Helena was shown
this unlikely site in 326 gives it credibility.

In addition to the location being inside the walls in 326, another fact lends credibility to the Christians&rsquo assertion: Hadrian&rsquos pagan shrine was still standing
there when Helena visited. If they did not know for certain they were right, why would the Christians have believed the burial site of their resurrected Lord
had been buried under a vile temple of corrupt pagan worship for 190 years?

Archaeology has now confirmed three important facts about the current site of the Church of the Holy Sepulcher:

  1. It was outside the city walls of Jerusalem in 30 AD
  2. It had many tombs in the first century (and they are clearly seen yet today)
  3. There is an earlier building here that was built before the time of Constantine and Helena (i.e., Hadrian&rsquos temple to Venus)


This is the entrance to the Church of the Holy Sepulcher. The current building was inaugurated by the Crusaders who rebuilt it in 1149. This site was
honored by first century Christians, buried by Hadrian in 135, identified by local believers in 326, covered by Constantine&rsquos church by 335, which was then
destroyed by the Persians in 614, only to be rebuilt and destroyed again by the Muslim Caliph Hakim in 1009. The right (east) half of the main entrance to the church
was walled shut by the Muslims after the Crusaders lost Jerusalem in 1187.

The "Entrance Court" on the outside of the open door leading into the the Church of the Holy Sepulcher. The "Entrance Court" can be located on the map below:


This is a floor plan of today's Church of the Holy Sepulcher. Locate the "Entrance" (right above the &ldquoEntrance Court) and the unblocked door seen above.

Some areas we will visit in the next few pages are:

  1. the steps up to Calvary located behind the blocked entrance
  2. the two views of Calvary up stairs that are called &ldquoLatin Calvary&rdquo and &ldquoGreek Calvary&rdquo
  3. the &ldquoChapel of Adam&rdquo (directly below the Greek Calvary, but not marked on this diagram)
  4. the &ldquoStone of Anointing&rdquo in the main entryway
  5. the &ldquoRotunda&rdquo with columns and an arched dome
  6. the &ldquoHoly Sepulcher&rdquo and the burial bench of Jesus
  7. the &ldquoSyrian Chapel&rdquo with access to &ldquoFirst Century Tombs&rdquo. We will then move to the right side of the diagram passing through some unmarked
    hallways and chapels to
  8. the &ldquo29 Steps with Cross Graffiti&rdquo, down into the
  9. &ldquoChapel of St. Helen.&rdquo We will then return to the &ldquoEntrance&rdquo to watch the Muslim gate keeper lock the door of the church at the end of the day for
    the divided Christian groups who worship here.


Today this church is shared by six groups of Christians: Latin Catholics, Greek Orthodox, Armenian Orthodox, Syrians, Copts, and Ethiopians.

This ladder is located on a ledge above the main entrance. It was placed there some time in the late 1800&rsquos to take food to Armenian monks who were
locked inside the church. This ladder can be seen in photos from at least 1890. The ladder remains where it is because the various Christian groups that control the
church cannot agree on who is responsible for putting it away. Each of the six groups - Greek Orthodox, Roman (Latin) Catholics, Armenians, Copts, Syrians, and
Ethiopians &ndash have their own areas of jurisdiction which were precisely defined in 1852.


The front door on the left side of the entryway of the Church of the Holy Sepulcher shows charred remains near the metal handles and locks from a serious fire
in the church in 1808. In 1927 an earthquake also caused great damage to the church. Damage from the earthquake was not repaired until 1959 because it took
32 years for the Latin, Greek and Armenian Christians to come to an agreement on how the church was to be repaired.


This is the Roman Catholic, or Latin, Chapel next to Calvary. It is upstairs and to the right of the main entrance. A few steps ahead and to the left we enter the
Greek Chapel, or the Greek Orthodox altar at Calvary. The altar you see here was made in Florence, Italy in 1588 and was donated by Cardinal Medici. pada
front of the altar are four scenes from Jesus&rsquo suffering hammered into silver panels &ndash two panels are on the bottom and the other two are directly above them.
The altar is from 1588 and comes from Florence, Italy. It was donated to the church of the Holy Sepulcher by Cardinal Medici.


This is the Greek Altar in the Greek Chapel at Calvary (notice in the room to the right is the Roman Catholic Chapel). Underneath the altar and just in front of the picture
(by the head of the person who is kneeling) is an opening through which you can actually touch the bedrock of Calvary at a spot that is traditionally believed to be
near the place where the base of the cross was placed. On both sides of the altar the original bedrock of the rock known as Calvary (Golgotha or &ldquoThe Skull&rdquo) can
be seen through the viewing glass. The glass is there because, through the centuries, visiting pilgrims have chipped off souvenirs from these holy sites, including the original
burial bench in Jesus&rsquo tomb.

Carrying his own cross, he went out to the place of the Skull (which in Aramaic is called Golgotha). Here they crucified
dia. . for the place where Jesus was crucified was near the city. - John 19:17, 18, 20


This modern Greek Orthodox mosaic hangs behind the Stone of Anointing and can be seen as we enter the Church of the Holy Sepulcher. The mosaic shows
Jesus' body being removed from the cross with the skull of Adam in the ground beneath it (far right). This is why the chapel under the Greek Chapel at Calvary
is called the Chapel of Adam. According to tradition, Adam was buried under Calvary when he died. But, an even earlier tradition has Adam being buried under
the Most Holy Place on the Temple Mount. It appears this Jewish tradition followed the Christians from the Temple Mount to the Church of the Holy Sepulcher.
To the left of the Calvary scene is the middle scene, showing the anointing of Jesus&rsquo body. The third scene, furthest to the left, is the burial of Jesus&rsquo body in the
tomb. All three of these events took place under the roof of the Church of the Holy Sepulcher.


This photo provides a perspective of the distance between Calvary and the tomb of Jesus. This was originally a rock quarry that was abandoned and used
for cutting tombs in the days of the New Testament. The Stone of Anointing is in the middle of this photo.
The diagram below shows the same locations as the photo above.

The nearness of Calvary to the tomb of Christ is attested to in the Gospel of John. John wrote that they were close together and located in the same garden:

At the place where Jesus was crucified, there was a garden, and in the garden a new tomb. -John 19:41


Right in the middle of the Rotunda is the Holy Sepulcher, the Tomb of Jesus.
The original rock that surrounded the tomb was removed by Constantine
beginning in 326 sothat only a large square rock block was left surrounding
the tomb. In 1009 the Muslim Caliph from Egypt, al-Hakim, completely
destroyed the Church of the Holy Sepulcher andcrushed the stone block
around the tomb that was left by Constantine. The only portion of the tomb
that was spared was the burial bench because it was covered in the rubble.
Today the burial bench exists but is covered with a marble slab to preserve
what is left from visiting Christians who chipped away at it in order to get a
piece of the tomb.

To the Left: An image of what the tomb of Jesus originally looked
Suka. The only part left is the burial bench.

The front of the Holy Sepulcher. The only original part of Jesus&rsquo tomb that is left is the burial bench in the back left of the elaborate building.

Joseph took the body, wrapped it in a clean linen
cloth, and placed it in his own new tomb that he
had cut out of the rock. He rolled a big stone in
front of the entrance to the tomb and went away.
Mary Magdalene and the other Mary were sitting
there opposite the tomb.
- Matthew 27:59-61 (also Mark 15:46-47 Luke 23:53)

The columns in today&rsquos rotunda over the tomb of Christ are parts of Constantine&rsquos original rotunda built in the
300&rsquos. This means the original columns were taller and much more magnificent than what we see today.
Constantine&rsquos spectacular rotunda with its large dome covering the tomb of Christ was intended to declare
Christ&rsquos victory and reign. Eusebius, the church historian from the days of Constantine, quoted Constantine
as ordering a rotunda built for Christ that was &ldquoof a magnificence worthy of his wealth and of his crown.&rdquo

Columns in the back left of the sepulcher.

Originally, the Church of the Holy Sepulcher was constructed as two sites. The first was a rotunda (a building with a circular ground plan) with a dome marking the tomb of Christ. The second was a basilica church on the site of the crucifixion. (A basilica is
large-roofed hall with interior colonnades that divides the space, giving aisles or arcaded spaces at one or both sides. There is also an apse at one end where the
church leaders sit. The central aisle is usually wider and higher than the flanking aisles. This design allows light to enter through the clerestory windows, the upper
row of windows, in order to bring light all the way to the center of the large building).

Between these two buildings was a courtyard enclosed in a columned portico. All this was located on the west side of the Cardo, Jerusalem&rsquos main street at that time. The Basilica faced the street and was the front entrance of the complex. In 1876 a mosaic called the Madaba Map was found on the floor of a Byzantine church from the 500&rsquos in Madaba, Jordan. This map shows the Cardo Street, the Nea Church and the Church of the Holy Sepulcher. The full map was of Israel, and included the area from Beth-shan to the Nile River in Egypt, and from the Mediterranean Sea in the west to the Arabian Desert in the east. It is the oldest map of Israel in existence. The map is about 65 feet by 16 feet, and was made from more than 2 million tesserae. There are 150 captions, all in Greek.


Front left columns of the Rotundra. The Holy Sepulcher is to the left of this photo. The Stone of Anointing and Calvary are through the open arch way behind the two
large columns.


The Syrian Chapel is a small room behind the Rotunda, just a few steps from the tomb of Jesus, provides access to other tombs from the same period. This is a photo
of the altar in the Syrian Chapel. First century tombs from the time of Christ that were cut into the abandoned quarry can be accessed just to the right of this photo in this Syrian Chapel.


Inside the small opening we can see the original bedrock and tombs in the back. There is a small door to the right that blocks access into one of the tombs.


This is a photo of the Chapel of the True Cross. Tradition says that Constantine's mother found the true cross of Jesus hidden in this chapel when they
uncovered the area in 326. A cross that was considered the "true" cross existed, but was taken by the Persians. It was later recovered and restored to the church.
Ironically, it eventually disappeared completely due to Christian pilgrims picking pieces of wood from it and taking them home. The Chapel of the True Cross is the lowest and easternmost point in the Church of the Holy Sepulcher. The chapel got its name from a legend that says Helena found the true cross of Christ there.

This &ldquocave&rdquo is on the opposite side of other first century tombs and was once a quarry, but after the quarry was abandoned it was converted into a cistern. To the right of the altar is a fresco painted by the Crusaders, now protected by plexiglass. To the left of the altar is a small room called the Chapel of St. Vartan. Inside this room are Herodian ashlarstones from the Temple Mount, remains of Hadrian&rsquos foundation walls built in 135 AD for his pagan temples.

On one of these ashlars is a painting of a ship with the Latin inscription &ldquoDOMINE IVIMUS&rdquo (&ldquoLord, we came&rdquo) drawn by a Christian pilgrim sometime between 135 and 200 AD. This inscription confirms the belief that early Christians visited this site to honor Jesus, even while a pagan shrine stood here. The boat could be a Byzantine sailing ship with the mast lowered. The bow of the ship is to the left, and the stern and two steering rudders at the back are on the right side. If that is the case, the inscription would be from around the time of Constantine, probably after Constantine had ordered the destruction of Hadrian&rsquos temples but before the Church of the Holy Sepulcher had been built. The inscription is from the traditional Psalm of the pilgrim to Jerusalem:

I rejoiced with those who said to me, &lsquoLet us go to the house of the Lord.&rsquo Our feet are standing in your gates, O Jerusalem. - Psalm 122:1

Another interpretation of the Latin inscription is &ldquoDD M NOMINUS&rdquo (&ldquothe gift of Marcus Nominus&rdquo).



During the Byzantine period many of the traditions (both true and merely legendary) that had been associated with the Temple Mount were transferred to
the Church of the Holy Sepulcher. For example, Adam was said to be buried beneath the cross on Calvary, thus the meaning of &ldquoGolgotha&rdquo - the place of the skull.
Also, the sacrifice of Isaac was transferred from the Temple Mount to the Holy Sepulcher. With the building of the Dome of the Rock on the Temple Mount, these
traditions were transferred back to the Temple Mount by the Muslims.


The bedrock behind the wall which is behind the altar in the Chapel of Adam located below the Greek and Latin Chapel's at Calvary. This is a close up of the
rock of Calvary as seen through the wall in the Chapel of Adam. We are back on the main floor in the Chapel of Adam. We will leave this room and turn left to
walk to the tomb of Jesus, going past the Stone of Anointing, which would be very close to the place Joseph and Nicodemus wrapped Jesus&rsquo body:

As evening approached, there came a rich man from Arimathea, named Joseph, who had himself become a disciple of Jesus. . Yusuf
took the body, wrapped it in a clean linen cloth, and placed it in his own new tomb that he had cut out of the rock. He rolled a big stone in front
of the entrance to the tomb and went away. Mary Magdalene and the other Mary were sitting there opposite the tomb. - Matthew 27:57-61

So as evening approached, Joseph of Arimathea, a prominent member of the Council, who was himself waiting for the kingdom of God
went boldly to Pilate and asked for Jesus&rsquo body. . So Joseph bought some linen cloth, took down the body, wrapped it in the linen,
and placed it in a tomb cut out of rock. - Mark 15:42-46


This photo shows the doors of the Church of the Holy Sepulcher being locked by a Muslim man whose family has done it every day since 1178 AD when the Muslim Nuseibeh family was appointed by Saladin to take care of the key and manage the locking and unlocking of the 3 ton doors for the constantly fighting Christian groups. During the 1700&rsquos there were tensions between the Ottoman Empire authorities and the Nuseibeh family, so in 1789 the Joudeh family was given the responsibility of assisting the Nuseibeh family. Since that time a member of the Joudeh family brings the key to a member of the Nuseibeh family who then unlocks and locks the Church door for the Christians.

Watch Galyn's video of the Church of the Holy Sepulcher above: (back to top)

The Church of the Holy Sepulcher that we see today has been destroyed and rebuild several times through the centuries.

The church we see today was constructed by the Crusaders

The Dome of the rock was built 300 years later to rival this proclamation of Constantine and the Christian world.

The two grey domes of the Church of the Holy Sepulcher can be seen in the skyline in the middle of this photo taken from beside the Dome of the Rock (right) on the Temple Mount looking west.

  1. Outside the city walls of Jerusalem in 30 AD
  2. Used for tombs in the first century (there are some clearly there yet today.
  3. There is an earlier building on the site of Jesus burial that was built before Constantine and Helena.
&ldquoHe judged it incumbent on him to render the blessed locality of our Saviour's resurrection an object of attraction and veneration to all. He issued immediate injunctions, therefore, for the erection in that spot of a house of prayer." (XXV)

&ldquoThis sacred cave, then, certain impious and godless persons had thought to remove entirely from the eyes of men, supposing in their folly that thus they should be able effectually to obscure the truth. Accordingly they brought a quantity of earth from a distance with much labor, and covered the entire spot then, having raised this to a moderate height, they paved it with stone, concealing the holy cave beneath this massive mound. Then, as though their purpose had been effectually accomplished, they prepare on this foundation a truly dreadful sepulchre of souls, by building a gloomy shrine of lifeless idols to the impure spirit whom they call Venus, and offering detestable oblations therein on profane and accursed altars. For they supposed that their object could not otherwise be fully attained, than by thus burying the sacred cave beneath these foul pollutions." (XXVI)

(- from the Life of Constantine written by church historian Eusebius of Caesarea, 260-341, from XXV and XXVI)

Parts of Hadrian&rsquos temple can still be seen at eight different locations in today&rsquos Church of the Holy Sepulcher. Parts in the current façade show remains of Hadrian&rsquos temple from 135 AD. Hadrian used some Herodian ashlars (most likely from the Jewish Temple) in the foundation walls of Hadrian&rsquos pagan temple to Venus that is now part of the Church of the Holy Sepulcher.

  1. In the façade
  2. In the foundation walls
  3. One ashlar has a ship drawn on it with the inscription &ldquoDOMINE IVIMUS,&rdquo or &ldquoLord, we came&rdquo. This appears to have been drawn on this foundation stone in the 100&rsquos by a Christian who had sailed to Israel to visit the burial place of Christ which had been covered by Hadrian&rsquos temple.
  1. Finish reading here http://www.bib-arch.org/online-exclusives/easter-06.asp

The columns in today&rsquos rotunda over the tomb of Christ are the fragments of the original rotunda of Constantine from the 300&rsquos. This means the original columns were taller and much more magnificent than what we see today.

The magnificent rotunda with its large dome that Constantine had built over the tomb of Christ declared Christ&rsquos victory and his reign. Eusebius, the church historian from the days of Constantine, quoted Constantine as ordering a rotunda be built for Christ that was &ldquoof a magnificence worthy of his wealth and of his crown.&rdquo

During the Byzantine period many of the traditions and events, both true and legend, associated with the Temple Mount were transferred to the Church of the Holy Sepulcher. For example, Adam is said to be buried beneath the cross on Calvary, thus they say the meaning of &ldquoGolgotha&rdquo - the place of the skull. Also, the sacrifice of Isaac was transferred from the Temple Mount to the Holy Sepulcher. With the building of the Dome of the Rock on the Temple Mount these traditions were transferred back to the Temple Mount by the Muslims.

Between these two buildings was courtyard enclosed in a columned portical. This all was located on the west side of the Cardo, Jerusalem&rsquos main street of the Byzantine period. The Basilica faced the street and was the front entrance.

In 1876 a mosaic called the MADABA MAP was found on the floor of a Byzantine church from the 500&rsquos in a church in Madaba, Jordan. This map shows the Cardo Street, the Nea Church and the Church of the Holy Sepulcher

The full map was of Israel, and included the area from Beth-shan to the Nile river in Egypt and from the Mediterranean Sea in the west to the Arabian desert in the east. It is the oldest map we have of Isael.

The map is about 65 feet by 16 feet and was made from more than 2 million tesserae. There are 150 captions are written in Greek.
Back to the Top

The area where the Church sits today was a large limestone quarry in 600-700 BC. The city of Jerusalem was to the SE and expanded first to the west before it came north by the quarry. In an area east of St. Helena&rsquos Chapel in the Church of the Holy Sepulcher the quarry was over 40 feet deep.

In the 100&rsquos BC the quarry was filled in and covered with reddish-brown soil. This area was still outside the city walls. This area then became a garden and orchard with cereals, fig trees, carob trees and olive trees. Tombs were also cut here at this time. Four tombs from this time have been excavated. One of the tombs was a kokh, or a long, narrow recess or cave carved for the placement of a body. Later the bones were collected and placed in an ossuary. Another tomb located here was an arcosoliuim, or a shallow, rock-hewn coffin cut in the side with an arch-shaped top. This tomb has been chipped away by centuries of pilgrims. Third, a large tomb like the kokh mentioned above was found in front of the church in the entry courtyard. Constantine cut this tomb larger to use as a cistern. Fourth, a kokh tomb was found under the Coptic convent.


3D imaging sheds light on Holy Sepulchre 'graffiti'

Thousands of unique crosses etched on the walls of Christianity’s most sacred church have long baffled researchers.

But three-dimensional imaging has shed light on the mysterious markings, carried out during renovations at Jerusalem's Church of the Holy Sepulchre.

What was always assumed to be graffiti appears be something "more organzed’’ according to Amit Re’em - Jerusalem’s regional archaeologist at Israel’s Antiquities Authority.

"What we saw with the optical machinery that we map a the crosses inside them and we saw that all of them have the same depth and even the marking of the mason. So if you look at these thousands of crosses, I can say very carefully because we are only in the beginning of the research that maybe two or three hand artists made these crosses. it's not a pilgrim. Only three hands of artists. So it's not a graffiti, it's something more organized of the church."

The new theory is that medieval masons may have been paid by pilgrims visiting the site to carve into the walls…

revered in Christian tradition as the place of Jesus's crucifixion and burial.

"Let's say that you are an Armenian pilgrim who visited the chapel of Helena, in the Holy Sepulchre, so you pay something to the priest, you pay something to this special artist and he carved for you, for the benefit of your soul and your relatives' souls, he carved for you a special cross in the most sacred place for Christianity on earth and that's it. This is, from our point of view, the explanation of these unique phenomenon."

The chapel is normally bustling with worshippers and clergy, making it usually difficult to study the markings - which are provisionally dated to the 15th century.

But for most part of the last year has been void of visitors, giving archaeologists a unique opportunity for research.

Father Samuel Aghoyan is the church's Armenian superior.

While he hailed the research shedding light on pilgrims of the past, he looked forward to welcoming their contemporaries back again.

"Now there are no pilgrims here, still their spirit is here, we know, I believe in that. But their absence is something else that cannot be replaced by anything else. We need their presence, I pray to God that the difficulties that we


Isi

The initial building was founded by Constantine the Great in 335, after he had removed a pagan temple on the site that was possibly the Temple of Aphrodite built by Hadrian. Constantine had sent his mother St. Helen to find the site during excavations she is said to have discovered the True Cross. The church was built around the excavated hill of the Crucifixion and was actually three connected churches built over the three different holy sites, including a great basilica (the Martyrium visited by the nun Egeria in the 380s), an enclosed colonnaded atrium (the Triportico) built around the traditional Rock of Calvary, and a rotunda, called the Anastasis ("Resurrection"), which contained the remains of the cave that St. Helen and St. Macarius, Patriarch of Jerusalem, had identified with the burial site of Jesus. The surrounding rock was cut away, and the Tomb was encased in a structure called the Edicule (from the Latin aediculum, small building) in the center of the rotunda. The dome of the rotunda was completed by the end of the 4th century.

This building was damaged by fire in 614 when the Persians under Khosrau II invaded Jerusalem and captured the Cross. In 630, Emperor Heraclius, who had captured the Cross from the Persians, marched triumphantly into Jerusalem and restored the True Cross to the rebuilt Church of the Holy Sepulchre.

Under the Muslims it remained a Christian church, unlike many other churches, which suffered destruction or conversion into mosques. The early Muslim rulers protected the city's Christian sites, prohibiting their destruction and their use as living quarters, but after a riot in 966, where the doors and roof were burnt, the original building was completely destroyed on October 18, 1009, by the "mad" Fatimid caliph Al-Hakim bi-Amr Allah, who hacked out the church's foundations down to bedrock. The east and west walls and the roof of the Edicule were destroyed or damaged (contemporary accounts vary), but the north and south walls were likely protected by rubble from further damage.

However, after a peace treaty between the Byzantine emperor Romanos III and the caliphate, the church was gradually rebuilt between 1024 and 1048. In 1048, a series of small chapels was erected on the site by Constantine IX Monomachos under stringent conditions imposed by the caliphate. The rebuilt sites were taken by the knights of the First Crusade on July 15, 1099. Crusader chief Godfrey of Bouillon, who became the first "king of Jerusalem," decided not to use the title "king" during his lifetime, and declared himself Advocatus Sancti Sepulchri, "Protector (or Defender) of the Holy Sepulchre." The chronicler William of Tyre reported on the reconstruction. The Crusaders began to renovate the church in a Romanesque style and added a bell tower. These renovations, which unified the holy sites, were completed during the reign of Queen Melisende 50 years later in 1149. The church was also the site of the kingdom's scriptorium. The church was an inspiration for churches in Europe like Santa Gerusalemme in Bologna and the "Round Church" of Cambridge, England.

After defeating the crusaders, Saladin brought down the Cross and turned the church into a mosque from 1187 to 1190. After an agreement with the Byzantine emperor Isaac II Angelos, Saladin gave the church back to the Christians by 1390 a number of new repairs were made to the church.

Until the fall of Constantinople in 1453, the Orthodox Patriarchs kept the keys of the church. This law, by Patriarch Dorotheos, was renewed by Sultan Suleiman in 1517. With the new law of Suleiman, they keys were given to a Muslim family in 1545. During this period the canopy of the Holy Sepulchre was also repaired.

In 1545 Patriarch Germanos added a small dome to the church, and the Franciscan monks renovated it further in 1555, as it had been neglected despite increased numbers of pilgrims. During 1719-1720 the church was repaired further by the Orthodox and also the Catholics.

In 1808, the Armenians set the church on fire, which severely damaged the structure, causing the dome of the rotunda to collapse and smashing the edicule's exterior decoration. The rotunda and the edicule's exterior were rebuilt in 1809 and 1810 by Orthodox people worldwide, especially by the Greek architect Komnenos Mitilineos.

In 1834 and 1836, two earthquakes damaged the church. The repairs from this damage began in 1867-1869 after a great delay, but the temple dome is finally renovated through the assistance of the Russians, the French and the Turkish. The 1808 fire did not reach the interior of the edicule, and the marble decoration of the tomb dates mainly to the 1555 restoration. The current dome dates from 1870.

In more recent times, the small dome was destroyed in 1927 by an earthquake registering 6.3 on the Richter scale. In 1931-33 the church was rebuilt through the financial assistance of the Greek State. In 1948 the big dome of the Church was damaged and repaired within the same year. By 1958, after an agreement between the three churches of Jerusalem (the Greeks, the Armenians, and the Catholics), extensive modern renovations began, including a rebuilding of the big dome (1978-1985) and a redecoration of the big dome (1994-1997). In 1995 the exterior of the dome of the katholikon was repaired with copper, and restoration works continue to the present time.

Several Christian communions cooperate in the administration and maintenance of the church and its grounds, under a fiat of status quo that was issued by the Sublime Porte in 1852, to end the violent local bickering. The three, first appointed when Crusaders held Jerusalem, are the Orthodox, the Armenian Apostolic and Roman Catholic Churches. These remain the primary custodians of the church. In the 19th century, the Coptic Orthodox, the Ethiopian Orthodox and the Syrian Orthodox acquired lesser responsibilities, which include shrines and other structures within and around the building. An agreement regulates times and places of worship for each communion. For centuries, two neutral neighboring Muslim families appointed by Saladin, the Nuseibeh and Joudeh families, were the custodians of the key to the single door.

When a fire broke out in 1840, dozens of pilgrims were trampled to death. On June 20, 1999, all the Christian communions who share control agreed in a decision to install a new exit door in the church.


Photo, Print, Drawing Church of the Holy Sepulchre Jerusalem

The Library of Congress does not own rights to material in its collections. Therefore, it does not license or charge permission fees for use of such material and cannot grant or deny permission to publish or otherwise distribute the material.

Ultimately, it is the researcher's obligation to assess copyright or other use restrictions and obtain permission from third parties when necessary before publishing or otherwise distributing materials found in the Library's collections.

For information about reproducing, publishing, and citing material from this collection, as well as access to the original items, see: Popular Graphic Arts Collection - Rights and Restrictions Information

  • Penasihat Hak: Tidak ada batasan publikasi yang diketahui.
  • Nomor Reproduksi: LC-DIG-pga-00304 (digital file from original print)
  • Nomor Panggilan: PGA - Brewer--Church of the Holy Sepulchre. (D size) [P&P]
  • Access Advisory: ---

Mendapatkan Salinan

Jika gambar ditampilkan, Anda dapat mengunduhnya sendiri. (Beberapa gambar hanya ditampilkan sebagai thumbnail di luar Library of Congress karena pertimbangan hak, tetapi Anda memiliki akses ke gambar berukuran lebih besar di situs.)

Alternatively, you can purchase copies of various types through Library of Congress Duplication Services.

  1. If a digital image is displaying: The qualities of the digital image partially depend on whether it was made from the original or an intermediate such as a copy negative or transparency. If the Reproduction Number field above includes a reproduction number that starts with LC-DIG. then there is a digital image that was made directly from the original and is of sufficient resolution for most publication purposes.
  2. If there is information listed in the Reproduction Number field above: You can use the reproduction number to purchase a copy from Duplication Services. It will be made from the source listed in the parentheses after the number.

Jika hanya sumber hitam-putih ("b&w") yang dicantumkan dan Anda menginginkan salinan yang menunjukkan warna atau rona (dengan asumsi aslinya ada), Anda biasanya dapat membeli salinan berkualitas dari sumber asli berwarna dengan mengutip Nomor Panggilan yang tercantum di atas dan termasuk catatan katalog ("Tentang Item Ini") dengan permintaan Anda.

Daftar harga, informasi kontak, dan formulir pemesanan tersedia di situs Web Layanan Duplikasi.

Access to Originals

Silakan gunakan langkah-langkah berikut untuk menentukan apakah Anda perlu mengisi slip panggilan di Ruang Baca Cetakan dan Foto untuk melihat barang asli. Dalam beberapa kasus, pengganti (gambar pengganti) tersedia, seringkali dalam bentuk gambar digital, salinan cetak, atau mikrofilm.

Is the item digitized? (A thumbnail (small) image will be visible on the left.)

  • Ya, item tersebut didigitalkan. Silakan gunakan gambar digital dalam preferensi untuk meminta yang asli. Semua gambar dapat dilihat dalam ukuran besar saat Anda berada di ruang baca manapun di Library of Congress. Dalam beberapa kasus, hanya gambar mini (kecil) yang tersedia saat Anda berada di luar Perpustakaan Kongres karena item tersebut dibatasi haknya atau belum dievaluasi untuk pembatasan haknya.
    Sebagai tindakan pengawetan, kami biasanya tidak menyajikan barang asli saat gambar digital tersedia. Jika Anda memiliki alasan kuat untuk melihat aslinya, konsultasikan dengan pustakawan referensi. (Kadang-kadang, yang asli terlalu rapuh untuk disajikan. Misalnya, negatif fotografi kaca dan film sangat mudah rusak. Mereka juga lebih mudah dilihat secara online di mana mereka disajikan sebagai gambar positif.)
  • Tidak, item tersebut tidak didigitalkan. Silakan pergi ke #2.

Do the Access Advisory or Call Number fields above indicate that a non-digital surrogate exists, such as microfilm or copy prints?

  • Ya, pengganti lain ada. Staf referensi dapat mengarahkan Anda ke pengganti ini.
  • Tidak, pengganti lain tidak ada. Silakan pergi ke #3.

Untuk menghubungi staf Referensi di Ruang Baca Cetakan dan Foto, silakan gunakan layanan Tanya Pustakawan kami atau hubungi ruang baca antara 8:30 dan 5:00 di 202-707-6394, dan Tekan 3.


Tonton videonya: Masih Misteri, Inilah 8 Penemuan Arkeolog Paling Misterius Di Dunia